April 18, 2011

sayur bening - resep mudah no.2

ini resep pertama yg gw pelajarin. suatu waktu si mami pergi ke luar kota, karena buru-buru gw diajarin resep ini. berhubung ga bisa masak yg lain, sepanjang si mami pergi (sebulanan) gw masak ini tiga hari sekali ahaha.. yg paling unik dari resep ini: rasanya GA bisa sama. cobain deh =)

SAYUR BENING ala ala an.

porsi: heboh (7-8 orang)

bahan:
bayam organik (lebih enak, lebih sehat, harga pasaran +/- Rp 4950) satu bungkus, petik
jagung besar yang muda (yg manis), 2-3 biji, potong2
wortel cina impor (lebih maniss), 1 buah, kupas, potong serong
oyong, tergantung selera, dikupas, potong serong
kunci/kenci. (rempah2 yang suka susah nyari nya) 3 ruas ibu jari, kupas, geprek
bawang merah 5-6 biji, iris tipis



  
wortel impor cina

oyong 

kunci


cara masak:
rebus jagung: jagungnya pilih yg bener ya, yg bulir-bulir nya gendut n rapet, ujung2 jagungnya ga kisut.
masukin kunci sama bawang merah
kalau jagung udah mateng, masukin wortel
kalau wortel udah setengah mateng, masukin oyong, bayam, gula, garam. Di rumah gw, yg pas itu gula 5-6 sendok, garam 2 sendok. maklum orang jawa, kudu maniezz

kalo udah, jadi deh (n___n) gampang kann



rasa sayur bening ga pernah bs sama (sejauh yg pernah gw masak), soalnya rasa sayur ini tergantung sama manis jagung, manis wortel, manis oyong, sama kunci yang dipake. Menurut gw yg paling penting tuh jagung nya. klo jagung nya manis, sayurnya enakk buanget. klo jagung nya tua n kurang manis, mending dibikin sayur asem aja dah..

ini fotonya, udah bareng nasi. paling enak dimakan klo lagi panas dalem, soalnya sayur bening bikin tenggorokan adem. di foto ini bayamnya ga ada, uda abis dimakan orang serumah -___-

met makan~~

No comments:

Post a Comment