February 04, 2011

resep mudah no.1 buncis ca telor

karena rumah lagi direnovasi, saya dan adik perempuan sy pergi menginap di rumah nenek. ibu saya ke luar kota. kakak adik saya yang laki-laki tetep tinggal di rumah, jagain rumah.. setelah satu minggu mereka curhat, katanya selama ditinggal pagi mereka makan telor, siang makan mie instan, sore makan nugget. selama satu minggu menunya itu itu melulu (padahal ada bibi yg bisa masak di rumah).

Jadi waktu kemarin tanggal 29 januari saya kembali ke rumah, saya inget buat beli sayur. waktu itu saya putusin masak buncis ca telor, yang gampang2 aja. ternyata yang di rumah pada suka ^^ jadi ini resepnya.. btw resep ini diajarin sama andrew lumanto, koki top masa depan =)

Buncis ca Telor

bahan:
- buncis dua pak (potong lurus, ukurannya kira2 setengah cm) -> buncisnya jadi kecil2, jgn dipotong miring, kurang enak..
- telor 2 buah
- bawang putih 2-3 biji dicacah
- bawang merah 1-2 biji diiris
- minyak secukupnya

cara buat:
- panasin wajan, masukin minyak, tumis setengah dari bawang merah + bawang putih yg ada sampe wangi
- masukin telor, langsung uyek2 (bahasa indonesia: aduk2) biar putih sama kuning nya nyampur. bawang putih sama bawang merah ikut diuyek2
- telornya jangan sampe terlalu mateng, angkat, taro di piring
- masukin minyak, tumis sisa bawang yang ada sampe wangi.
- masukin buncis, kasih bumbu: gula kira2 3/4 sendok bebek, garam 3/4 sendok teh, kaldu jamur totole (tanpa msg/vetsin loh) 2 sendok teh penuh
- jgn kelamaan numis buncis nya (karena dipotong kecil2 jadi lebih cepet mateng), masukin telor yang tadi
- aduk2 biar rata, cicipin.

saran: kalau bisa jangan ditambah air. lebih baik di awal bumbunya dikurangin, jadi kalau kurang manis asin tinggal tambah bumbu.

maaf pic hasil jadi nya ga ada. lupa difoto..


gambar kaldu jamur totole, biasa beli nya di yogya supermarket

met mencoba =)

No comments:

Post a Comment